Beranda | Artikel
Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim - Khutbah Jumat (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Jumat, 9 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim

Di dalam Islam, pekerjaan berdagang dan berniaga sangat memiliki keutamaan dan keagungan. Di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

التاجر الأمين الصدوق المسلم مع النبيين والصديقين والشهداء يوم القيامة

“Pedagang yang amanah, jujur, dan muslim, akan bersama para nabi, orang-orang yang selalu jujur dan orang-orang yang mati syahid pada hari kiamat.” (HR At-Tirmidzi)

Di dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda:

اَلْبَيْعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَ بَيَّنَا بُوْرِكَ لَهُمَا فِيْ بَيْعِهِمَا وَ إِنْ كَذَبَا وَ كَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا

“Dua orang yang saling berjual-beli tetap memiliki hak pilih selama mereka belum berpisah. Jika keduanya jujur dan saling berterus terang, maka keberkahan dilimpahkan bagi mereka pada jual beli mereka. Namun, jika keduanya saling berdusta dan saling menutupi, maka keberkahan akan dicabut dari jual-beli mereka.” (HR Al-Bukhari)

Ada beberapa hal diharamkan untuk dilakukan oleh para pedagang muslim, di antaranya adalah diharamkan baginya untuk bersumpah demi agar terjual barang dagangannya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam besabda:

(الْحَلِفُ مُنَفِّقَةٌ لِلسِّلْعَةِ مُمْحِقَةٌ لِلْبَرَكَةِ (متفق عليه

Apa saja hal-hal lainnya yang diharamkan bagi pedagang muslim? Silakan download dan simak khutbah Jum’at yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin ini. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc – Hal-hal yang Diharamkan bagi Pedagang Muslim

Mari kita bagikan khutbah Jumat ini kepada saudara-saudara kita, baik file hasil downloadnya maupun tautan / link ini ke akun Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga bermanfaat bagi saudara-saudara kita, terutama kita sendiri sebagai ilmu dan amal shalih. Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6271-hal-hal-yang-diharamkan-bagi-pedagang-muslim-khutbah-jumat-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/